Prestasi

Para alumni Sekolah Menengah Kejuruan – Yayasan Pendidikan Farmasi (SMK – YPF) tidak ada yang tidak terserap di instansi pemerintah dan dunia usaha/industri farmasi. Bahkan setiap tahunnya kami belum dapat memenuhi kebutuhan pasar lapangan kerja, baik industri farmasi di Bandung maupun di luar Bandung. Tidak sedikit tenaga akhli dan pejabat yang ada di lingkungan instansi pemerintah berasal dari SMK – YPF  yang dahulunya bernama SAA – JPP atau SMF – YPF.

Walaupun pada saat sekarang jumlah SMK jurusan Farmasi di Bandung ataupun di Jawa Barat cukup banyak, namun kami tetap memiliki daya saing tinggi dibanding dengan SMK jurusan Farmasi yang baru berdiri.  Hal ini bukan saja didukung oleh tenaga pengajar yang profesional, tapi didukung juga oleh sarana pendidikan dan pengajaran antara lain berupa E-Library, Lingkungan Belajar, Laboratorium Teknologi Farmasi dan Mikro BIOLOGI, Laboratorium Komputer, Laboratorium Farmakognosi, Laboratorium Farmasetika, Apotek Simulasi, Laboratorium Kimia, Taman Herbal, Tempat Olah Raga, Perpustakaan, Ruang Aula.

Sebagai buah dari tenaga pengajar yang profesional, sarana pendidikan dan pengajaran berbagai macam Laboratorium, siswa siswi kami berhasil meraih berbagai macam prestasi, antara lain :

 

SMK YPF memborong dua Prestasi Juara 1 dan Juara 2 Olimpiade Farmasi tingkat Jabar

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.. Alhamdulillah diawal Tahun 2019 ini, SMK YPF meraih 2 Prestasi yang sangat membanggakan. Kami segenap Pengajar dan Karyawan SMK YPF tiada hentinya selalu mensuport segala Kreativitas Siswa dalam mewujudkan prestasi melalui minat dan bakatnya baik dibidang Akademik maupun Non Akademik, dengan demikian kepada orang tua calon peserta didik, kami akan senang hati jika ibu dan bapak mempercayakan putra putrinya untuk menuntut ilmu dan mengasah diri di SMK kami, Salam Pendidikan.

TIM SMK YPF meraih Prestasi 10 Besar pada OLIMPIADE FARMASI Tingkat Nasional

Tim SMK YPF berhasil meraih prestasi 10 besar dalam Olimpiade Farmasi tingkat nasional Universitas Airlangga 2019; KOFEIN 2019 (Kompetensi Farmasi Seluruh Indonesia).

Kompetisi yang diikuti oleh 3000 tim dari SMA /SMK senusantara ini dilaksanakan di Surabaya, 17 sd 19 Januari 2019.  40 tim terbaik hasil selekda  berhak maju ke OLFAR tk nasional yang terbagi dalam 3 tahap yaitu perempatfinal, semifinal dan final, SMK YPF Bandung menjadi wakil dari Jawa Barat karena berhasil menjadi juara 1 selekda sebelumnya.

 

Januari 2019, SMK YPF Juara 1 dan 2 pada Seleksi Daerah OLIMPIADE FARMASI Tingkat Provinsi

Dua Tim SMK YPF Bandung, Kompetensi Keahlian Farmasi berhasil juara 1 dan juara 2 pada seleksi OLFAR (Olimpiade Farmasi) UNAIR 2019, Tingkat Jawa Barat sebagai Juara 1, SMK YPF akan mewakili Jabar ketingkat Nasional di Surabaya.

 

Di Tahun 2018 tepatnya pada Bulan Mei ‘Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional XXVI Farmasi’  2018

LKS SMK tingkat Nasional XXVI dilaksanakan pada tanggal 6 – 12 Mei 2018 di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Meliputi 51 bidang lomba yang dilaksanakan bagi siswa SMK dari seluruh provinsi di Indonesia.

Mutia Musliyatina Salma dari SMK YPF Bandung mewakili Jawa Barat dalam mata lomba Farmasi. Untuk Mata lomba Farmasi diikuti oleh 29 provinsi. SMK YPF menjadi satu satunya SMK swasta di kota Bandung yang berhasil mewakili Provinsi Jabar dalam LKS Nasional tahun 2018.

Alhamdulillah kegiatan LKS Nasional telah berjalan dengan lancar, SMK YPF berhasil meraih prestasi lima besar nasional, dengan pautan nilai akhir yang sangat tipis. Hanya terpaut 2 point dari juara 2, dan berhasil mendapat penghargaan Medallion of Excellence (MoE).

 

Bulan April Tahun 2017, SMK YPF Juara-I  LCCF  STFB “Pharmacofore” 2017

Pada bulan April 2017 STFB mengadakan acara tahunannya yang bernama “Pharmacofore” yang dimana terdapat acara-acara kefarmasian diantaranya yaitu LCCF se-Jawa Barat. SMK YPF mengikuti acara tersebut.

Acara dimulai dengan babak pertama atau penyisihan. Sama dengan acara lain, babak pertama itu merupakan tes tertulis. Setelah selesai babak pertama, diumumkanlah siapa saja yang lolos ke babak selanjutnya. Babak demi babak SMK YPF bisa lolos ke babak selanjutnya hingga akhirnya sampai ke babak final. Pada babak final Sekolah yang berhasil lolos beradu kecerdasan, kecermatan dan kecepatan.

Pada babak final ini disaksikan oleh peserta seminar nasional. Seiring berjalannya babak final dari awal hingga akhir, SMK YPF bisa mendapatkan poin unggul hingga akhirnya SMK YPF bisa menjuarai perlombaan ini. Dengan kerja keras dan tingkat kepercayaan diri yang tinggi, akhirnya SMK YPF bisa menjadi Juara-I  LCCF se-Jawa Barat ini.

 

Di bulan Oktober 2017, SMK YPF Juara-II  LCCF  Poltekkes Bandung 2017

Pada tanggal 8 Oktober 2017, Poltekkes Kemenkes Bandung mengadakan acara tahunan dengan nama “Pharmudia”.

Dalam Acara tersebut banyak sekali acara-acara yang dapat diikuti, diantaranya adalah Lomba Cerdas Cermat Farmasi atau LCCF. SMK YPF diundang untuk mengikuti acara tersebut dan ini merupakan LCCF se-Jawa Barat.

Acara dimulai dengan babak pertama atau babak penyisihan yang merupakan tes tertulis. Setelah selesai babak pertama diumumkan siapa saja yang lolos ke babak selanjutnya. Dan akhirnya SMK YPF lolos ke babak Final.

Di babak final, SMK YPF berhasil menjadi Juara-II  Lomba Cerdas Cermat Farmasi  tingkat Jawa Barat.

 

Pada Bulan Oktober 2017, SMK YPF mendapatkan Juara-I  LKS FARMASI  Tingkat Provinsi JAWA BARAT 2017

Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017 yang berlangsung Selasa sd Kamis, 17 sd 19 Oktober 2017 di kota Cirebon. Kota Bandung pada ajang kali ini mengirimkan 22 siswanya untuk 20 mata lomba.  Alhamdulillah kegiatan LKS ini berjalan lancar dan sukses. Selamat kepada “Mutia M.Salma” siswa kelas XII-A SMK YPF Bandung yang telah berhasil menjadi Juara-I dan berhak mewakili Jawa Barat ke LKS Nasional XXVI di Mataram tangggal 6-12 Mei 2018.

 

Pada Bulan September 2017, SMK YPF mendapatkan Juara-I  LKS FARMASI  Tingkat KOTA BANDUNG 2017

Tanggal 28 September 2017, Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang farmasi tingkat kota Bandung dilaksanakan di SMKS BPK Penabur Cimahi. Pesertanya terdiri dari 11 orang yang berasal 6 sekolah farmasi se-Kota Bandung.

LKS sendiri merupakan ajang bergengsi bagi siswa SMK di Indonesia. Tahapan lombanya dimulai dari tes materi kejuruan, meracik obat hingga mempertanggungjawabkan apa yang kita tulis di jurnal dengan cara presentasi.

Perlombaan dimulai dengan peserta mengambil nomor urut peserta dan SMK YPF mendapat urutan kesebelas. Masuk ke tahap awal perlombaan yaitu menulis sebanyak 30 soal selama 25 menit kemudian dilanjutkan dengan praktek resep selama 1,5 jam. Selama meracik obat atau resep, siswa SMK YPF berhasil mengerjakannya sebelum waktu habis yang telah ditentukan oleh panitia yaitu 15 menit. Dan siswa SMK YPF melakukan presentasi dihadapan 2 juri yang terdiri dari juri PAFI dan juri LKS Provinsi tahun 2016.

Pada ajang bergengsi ini, SMK YPF berhasil menjadi  Juara-I  se-Kota Bandung dan berhak mewakili Kota Bandung untuk berlaga di tingkat Provinsi Jawa Barat.

 

Di Bulan November 2016, SMK YPF mendapatkan  Juara-II  UNPAD PHARMACOPEIEA 2016

Pada tanggal 6 November 2016, Universitas Padjajaran selalu mengadakan acara tahunan dengan nama Pharmacopeiea.

Dalam perlombaan tersebut terdapat acara-acara yang dapat diikuti diantaranya adalah Lomba Cerdas Cermat Farmasi atau LCCF se-Jawa Barat. SMK YPF mengikuti perlombaan tersebut dan memiliki target untuk menjadi Juara-I di LCCF ini.

Babak demi babak dilalui, SMK YPF berhasil menjadi Juara-II  Lomba Cerdas Cermat Farmasi se-Jawa Barat.