SMK YPF telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan sebagai tempat Praktik Kerja Lapangan (PraKerin)

  1. PT Lucas Djaja

PT. Lucas Djaja merupakan salah satu perusahaan farmasi pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) pada tahun 1990.

2. Balai Besar Tekstill

Balai Besar Tekstil mempunyai tugas melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, kerjasama, standardisasi, pengujian, sertifikasi, kalibrasi dan pengembangan kompetensi industri tekstil sesuai kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri.

Dalam melaksanakan tugasnya, BBT menyelenggarakan fungsi:

a. Penelitian dan pengembangan, pelayanan jasa teknis bidang teknologi bahan baku, bahan pembantu, proses, produk, peralatan dan pelaksanaan pelayanan dalam bidang pelatihan teknis, konsultansi/penyuluhan, alih teknologi serta rancang bangun dan perekayasaan industri, inkubasi, dan penanggulangan pencemaran industri;
b. Pelaksanaan pemasaran, kerjasama, pengembangan dan pemanfatan teknologi informasi;
c. Pelaksanakan pengujian dan sertifikasi bahan baku, bahan pembantu, dan produk industri tekstil, serta kegiatan kalibrasi mesin dan peralatan;
d. Pelaksanaan perencanaan, pengelolaan, dan koordinasi sarana dan prasarana kegiatan penelitian dan pengembangan di lingkungan BBT, serta penyusunan dan penerapan standarisasi industri tekstil; dan
e. Pelayanan teknis dan administrasi kepada semua unsur di lingkungan BBT.

3. Balai Besar Keramik

Balai Besar Keramik adalah unit pelaksana teknis di bawah Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri, Kementerian Perindustrian. Balai Besar Keramik mempunyai tugas melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, kerjasama, standardisasi, pengujian, sertifikasi, kalibrasi dan pengembangan kompetensi industri keramik sesuai kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri.

4. LAFI AU dan AD

5. Puslitbang Tekmira

Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (Puslitbang tekMIRA) adalah satuan kerja yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral. Tugasnya melaksanakan penelitian, pengembangan, perekayasaan, pengkajian dan penerapan teknologi, serta pelayanan jasa di bidang Mineral dan Batubara.

6. PT Biofarma

PT Bio Farma (Persero) adalah badan usaha milik negara Indonesia yang berbisnis di bidang farmasi. Perusahaan ini merupakan satu-satunya produsen vaksin manusia di Indonesia dan merupakan produsen vaksin terbesar di Asia Tenggara. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, selain kantor pusat dan pabrik seluas 91.058 meter persegi di Bandung, perusahaan ini juga memiliki fasilitas pengembangbiakan hewan laboratorium seluas 282.441 meter persegi di Bandung Barat. Perusahaan pun memiliki kantor perwakilan di Jakarta

7. Apotek Kimia Farma

PT Kimia Farma Tbk adalah anak usaha Bio Farma yang berbisnis di bidang farmasi. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, hingga tahun 2020, perusahaan ini memiliki 12 pabrik, 1.278 apotek, 451 klinik kesehatan, 75 laboratorium klinik, 10 optik, dan 3 klinik kecantikan yang tersebar di seluruh Indonesia.

8. Vitabiotics

Vitabiotics Ltd, perusahaan vitamin di Inggris mulai beroperasi di Asia Tenggara sejak 1997 dengan kantor utama PT Vitabiotics Utama berlokasi di Jakarta Indonesia. Vitabiotics meluncurkan suplemen kalsium-magnesium pertama kali untuk pasar Indonesia dengan merek dagang OSTEOCARE. Sejak saat itu Osteocare memimpin pasar suplemen vitamin selama lebih dari satu dekade.

9. Apotek Al Ma’soem

10. PDAM Kota Bandung